Pojok Liburan Rekomendasi Bikinngiler – Jawa Barat

1. Kawah Putih Ciwidey

Ciwidey? Yang pertama kali kebayang ya kebun strawberry-nya. Wuihh… seger banget deh pokoknya, ditengah udara yang sejuk, sambil menikmati buah strawberry, metik sendiri lagi. Di Ciwidey, ada satu kawasan wisata tempat liburan yaitu Kawasan Kawah Putih. Dari dulu “ngidam” pingin liburan kesana, akhirnya bisa kesampean juga bareng keluarga dan teman-teman. Sehari sebelum keberangkatan, kita udah siap2 bekal untuk “pesta kebun” disana. Menunya? Nasi putih + ikan jambal roti + tempe tahu + sambel terasi + lalapan… Wuiihhh bikinngiler niih hehehe.

Perjalanan dari rumah di sekitaran terusan Buah Batu sampai ke Ciwidey memakan waktu kurang lebih 2 jam. Gak begitu jauh sih, cuma karena jalannya yang berbelok-belok jadinya kita jalan santai aja. Ya sekalian menikmati pemandangan sekitar.

CAM00144[1]

Kawah Putih adalah sebuah danau kawah dari Gunung Patuha dengan ketinggian 2.434 meter di atas permukaan laut dengan suhu antara 8-22°C. Di puncak Gunung Patuha itulah terdapat Kawah Saat, saat berarti surut dalam Bahasa Sunda, yang berada di bagian barat dan di bawahnya Kawah Putih dengan ketinggian 2.194 meter di atas permukaan laut. Kedua kawah itu terbentuk akibat letusan yang terjadi pada sekitar abad X dan XII silam.Kawah Putih ini terletak sekitar 46 km dari Kota Bandung atau 35 km dari ibukota Kabupaten Bandung, Soreang, menuju Ciwidey.

Misteri keindahan danau Kawah Putih baru terungkap pada tahun 1837 oleh seorang peneliti botanis Belanda kelahiran Jerman, Dr. Franz Wilhelm Junghuhn (1809-1864) yang melakukan penelitian di kawasan ini. Sebagai seorang ilmuwan, Junghuhn tidak mempercayai begitu saja cerita masyarakat setempat. Saat ia melakukan perjalanan penelitiannya menembus hutan belantara Gunung Patuha, akhirnya ia menemukan sebuah danau kawah yang indah. Sebagaimana halnya sebuah kawah gunung, dari dalam danau keluar semburan aliran lava belerang beserta gas dan baunya yang menusuk hidung. Dari hal tersebut terungkap bahwa kandungan belerang yang sangat tinggi itulah yang menyebabkan burung enggan untuk terbang melintas di atas permukaan danau Kawah Putih.

Tiba di gerbang pintu masuk Kawah Putih, siap2 untuk mbayar tiket masuknya. Total kita 2 mobil ya sekitar 200 rb kalo gak salah.. lupa euy. Dari Pintu masuk ke lokasi masih lumayan jauh ternyata, ya sekitar 5  km klo gak salah. Jalannya naik truss…. Disepanjang jalan, kami saksikan hutan pohon pinus? wah, gak begitu merhatiin. Hilir mudik juga angkutan sekelas angkot, yang jadi transportasi para pengunjung dari bawah ke atas kawah, begitu sebaliknya. Itu angkot full banget dah..(sayang gak sempet ngambil fotonya waktu itu), tapi yang pasti gak bakal kegerahan, lha wong udara disana adem banget. Bulan Juli Agustus temperature bisa turun serendah 10 derajad C pada siang hari dan 5 derajad C pada malam hari. Semilir angin membawa pergi kabut pekat uap belerang menjauh. Teriaklah kuat-kuat; konon akan diteruskan echo-nya oleh dinding-dinding padas ke surga. Berkeliling kawah pada saat musim kemarau cukup mudah dilakukan; mencari-cari sudut-sudut pandang terlupakan yang barangkali tercecer dari surga.

DSC01098

Sampe diatas, eh koq laper yaa. Pas banget waktunya makan siang. Berhubung sudah masuk waktu sholat dhuhur, kita2 sholat dulu, kebetulan memang ada musholanya di sana. Pas wudhu, wuiihhh.. brrrrrr… ini air sapa yang ngasih es yaaa??? Duingin buangett euy…… Benar benar air pegunungan ini begitu segarnya. Alhamdulillaah…..

Selesai sholat, sebelum menjelajah kawah putih, kita2 isi amunisi dulu, alias makan dulu. Kondisi alamnya ngedukung banget neh, dingin-dingin bikin tambah perut keroncongan aja.. Gak tau neh, ntah makanannya enak, apa emang perut laper banget, nambah terus.. lagi.. dan lagi hehehehe

Acara makan barengnya sempat bubar karena tiba-tiba turun hujan gerimis, dan berkabut tebal. Tapi gak papalah, malah jadi seru hehehe….Setelah kenyang, langsung kita-kita menjelajah ke kawasan kawah putih..

Berikut ini hasil jepretan nya…..

DSC01115

Akhirnya, setelah puas menjelajahi area kawah putih, yang ditemani oleh tebalnya kabut, tidak lupa kita2 ngeborong strawberry super mmmmmm…

 CAM00149[1]

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: