Di kulkas, lho koq bisa hangus!?

Saya bukan orang dapur maka saya tidak pernah menduga ada orang yang akan mengeluarkan ungkapan terkejut yang “konyol” ini. Lantas, apa yang sesungguhnya terjadi sehingga makanan yang kita bekukan menjadi “hangus”?

Betul, sepintas lalu konyol, tapi itu sungguh terjadi. Coba perhatikan daging sapi yang sudah lama anda simpan dalam lemari pembeku (freezer) untuk persediaan. Tidakkah permukaannya yang berkerut-kerut tampak seperti hangus terbakar? Istilah hangus seringnya dipakai untuk sesuatu yang habis ternakar sehingga kering. Maka tidak usah heran jika istilah hangus pun dipakai untuk daging yang kelewat kering karena disimpan dalam freezer.

Bagaimana temperatur rendah dapat menjadikan makanan kering dan layu? Coba amati bagian yang hangus pada potongan daging sapi Anda. Tampak kering dan berkerut-kerut, seolah2 sebagian besar airnya telah diisap habis. Ternyata memenag itulah yang terjadi. Akan tetapi keadaan atau kondisi apakah yang dialami oleh air dalam makanan beku? Betul. Ketika itu air dalam keadaan beku alias menjadi es, maka kita dipaksa mengambil kesimpulan bahwa ketika daging tersebut kita tinggalkan dalam freezer dalam waktu yang jauh lebih lama dari biasanya, sesuatu telah mengambil molekul-molekul air dari permukaan.

About bikinngiler

Aku pingin hidup sehat, begitu pula aku ingin semua keluarga di Indonesia bisa hidup sehat... karena itulah, kucoba untuk memenuhi kebutuhan keluarga Indonesia dengan produk makanan sehat... Ya di Warungku, bikin ngiler, tersedia produk-produk yang sehat, nikmat namun tetep bikin kantong hemat

Posted on 19 Mei 2011, in Einstein Aja Gak Tau. Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: